Translate

Kamis, 26 Mei 2011

Pengalaman Mengatasi CRC Error


Ini adalah kejadian yang dialami oleh computer-ku tersayang. Saat itu Minggu, 19 April 2009 malam saya sedang asyik-asyiknya main Winning Eleven 9, Soccer Game buatan CONAMI Japan. Ketika jam menunjukkan pukul 21.00 WIB Computer saya tiba-tiba saja sestart dengan Sendirinya. Ketika sampai di menu Grub dan saya pilih Microsoft Windows XP, dan sampai pada booting windows, monitor menampilkan Blue Screen sebentar dan restart lagi. Hal ini terus terjadi setiap saya coba mereboot computer. Perlu diketahui bahwa Computer saya menggunakan Quad boot. Operating System yang ter-install di computer saya adalah Ubuntu BlankOn 4.1 Meuligoe, Microsoft Windows XP SP2, Ubuntu Muslim Edition 8.04.1 serta Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex. Speck computer saya adalah:
  • Motherboard ASUS P5GCMX Socket LGA775
  •  
Processor : Genuine Intel(R) Dual Core 2160, @ 1.80 GHz total 3.60 GHz
  •  
RAM : 2 Keping DDR2 Visipro @1024 MB, total 2048 MB
  •  
Graphics : NVIDIA GeForce 6800 XT 256.0 MB
  •  
Storage 1 : Seagate SATA Barracuda 80 GB (Khusus Operating System)
  •  
Storage 2 : Seagate SATA Barracuda 160 GB
Segala cara saya coba termasuk cari solusi dengan googling dan Tanya ke teman dan relasi baik langsug maupun melalui Chat room. Dari googling dan Tanya-tanya saya mendapatkan informasi yang bermacam-macam bahkan ada yang bilang "Hard drive mati, buat acara bancakan". Ada juga yang ngasih solusi;
  •  
Repair Windows
  •  
Reinstall Ubuntu
  •  
Cek Grub Loader
  •  
Restore windows
  •  
Bersihkan Hard ware terutama hard drive (kotor sehingga akses data terganggu dan menimbulkan semacam corrupt data)
  •  
Bersihkan Heat sink dan Processor lalu tambahkan pasta baru (Kemungkinan pasta kering sehingga processor terlalu panas dan tidak bias bekerja dengan normal).
  •  
Test memory dengan Memtest (pada saat akan menjalankan process, RAM sedang bekerja ekstra keras sehingga menyebabkan over load/task)
Solusi ke-4 jelas ngga mungkin. Jangankan restore, login ke windows aja ngga bisa. Solusi ke-3 pun saya kira juga tidak mungkin, kan bias masuk ke menu Grub, jadi Grubnya ndak masalah. Akhirnya saya coba solusi pertama. Boot from CD sukses, scan hardware jalan, tapi ketika scan hardware selesai dan akan masuk windows setup, computer kembali restart. Restart dan restart lagi ketika akan memasuki windows setup. Solusi pertama gagal. Solusi kedua pun saya coba. Boot from CD ok. Namun ketika saya pilih Install BlankOn/Ubuntu muncul pesan error:
crc error
--System halted
Hal serupa juga terjadi manakala saya memilih menu Try BlankOn/Ubuntu Live CD.
Solusi ke-5 pun saya coba juga, itung-itung mumpung sempat, karena sudah 5 bulan jeroan PC tidak saya bersihkan. Setelah semua komponen saya bersihkan dan terpasang dengan baik lagi, dengan penuh harapan, computer pun saya hidupkan. Ketika masuk Grub menu, langsung saya pilih Microsoft Windows XP. Hasilnya…….. computer restart lagi sebelum sempat masuk login windows. Hufffff.. Dengan tetap mempertahankan ASA di dada, saya pun langsung pergi ke Toko Computer untuk membeli HEATSINK COMPOUNDS, pasta untuk heat sink. Dengan tetap semangat, pasta lama yang sedikit masih menempel pada heat sink dan processor pun saya bersihkan dengan tissue, dan saya ganti dengan pasta baru. Akhirnya setelah heat sink terpasang, dengan penuh keyakinan saya pun menghidupkan computer. Ternyata hasilnya tetap sama dengan solusi-solusi sebelumnya.
Akhirnya dengan sisa-sisa asa di dada, saya mencoba solusi terakhir. Ini adalah pertama kalinya saya mencoba aplikasi Memtest yang disediakan Ubuntu dan Linux lain. Memtest86 saya jalankan dari CD Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex yang saya dapatkan dari Request CD dari Shipit (Ubuntu.com). Memtest pun berjalan, di bagian bawah aplikasi hanya ada menu (ESC) untuk Reboot, (c) untuk Configuration, (SP) untuk Scroll_Lock dan (CR) untuk scroll_unlock. Saya tidak tahu pasti sampai kapan proses ini akan berlangsung. Akhirnya sambil nunggu proses selesai saya tinggal jalan-jalan untuk menghibur diri biar gak stress. Setelah sekitar 5 jam, saya kembali untuk mencek, ternyata belum selesai juga. Saya pun keluar kost lagi hingga 24 jam. Ternyata proses masih berjalan juga, dan sudah mencapai Errors = 329984. Akhirnya saya tekan ESC untuk Reboot computer dengan asumsi bahwa proses akan terus berjalan meskipun 1 bulan lamanya. Dengan tanpa asa sama sekali sayapun memilih menu Microsoft Windows XP pada Grub Menu. Dan ternyata, login berjalan dengan mulus. Login OS lain pun juga mulus. Computer pun kembali sehat wal afiat seperti sedia kala (Kamis 23 April 2009 pukul 17.30). Sujud syukur-pun langsung saya lakukan sebagai wujud terimakasih kepada-Nya karena telah mengembalikan nikmat punya computer kepada saya. Terima kasih Allah Tuhanku, thanks teman-teman, siiiip Memtest, Bravo Ubuntu.
Bagi teman-teman yang mengalami nasib seperti saya, bias mencoba solusi-solusi yang saya dapatkan diatas sesuai dengan problem yang mungkin dialami oleh PC teman-teman. Bisa jadi dengan solusi ke-4 dan 5 computer sudah bias jalan normal karena memang problemnya terletak pada hard drive atau suhu processor-nya. Sedangkan teman-teman yang punya solusi dan cerita lain, dengan amat sangat senang hati saya menerima Comment-nya.
Sekian…semoga bermanfaat. Wassalam……….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dimohon!!! ketika berkomentar dengan sopan!!
Terima Kasih